pengertian negosiasi

Pengertian negosiasi adalah suatu proses komunikasi yang melibatkan dua pihak atau lebih untuk mencapai kesepakatan bersama. Setiap orang sadar ataupun tidak, pasti pernah melakukan proses negosiasi, contohnya ibu-ibu yang berkunjung kepasar dan melakukan proses tawar menawar harga barang pada pedagang.

Apakah proses negosiasi mudah ? mungkin mudah bagi segelintir orang yang sering melakukan hal ini, tapi bagi yang belum akan merasa kesulitan. Pada artikel ini kita akan membahas secara dalam apa itu negosiasi, tujuan, jenis dan manfaatnya.

Pengertian Negosiasi

Negosiasi adalah proses interaktif yang melibatkan dua pihak atau lebih untuk mencapai kesepakatan atas hal-hal tertentu yang telah di komunikasikan dan biasanya ada proses tawar menawar yang menghasilkan sebuah keputusan. Dilihat dari sifatnya negosiasi adalah proses komunikasi yang mencapai titik kesepakatan yang dapat memuaskan semua pihak secara adil dan menguntungkan.

Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian negosiasi menurut para ahli pada setiap bidang :

Chester I. Barnard

Menurut Barnard negosiasi sebagai suatu proses komunikasi yang kompleks dimana pihak selalu berusaha untuk mencapai kesepakatan melalui diskusi, pertukaran informasi dan tawar menawar.

Howard Raiffa

Howard menyatakan negosiasi ialah proses pembagian nilai antara pihak-pihak yang terlibat. Semua pihak berusaha untuk mencari cara yang paling menguntungkan untuk membagi nilai atau sumber daya yang ada agar semua pihak mendapatkan bagian yang adil.

Kolb dan Wiliams

Menurut kedua sejoli Kolb dan Williams, negosiasi merupakan proses interaktif yang melibatkan proses tawar menawar antara dua pihak atau lebih untuk mencapai kesepakatan. Proses negosiasi perlu adanya keterampilan berkomunikasi, empati, dan kreativitas dalam mencari sebuah solusi yang dapat memuaskan semua pihak.

William Ury

Menurut William Ury, negosiasi merupakan suatu cara untuk dapat mencapai kesepakatan antara dua pihak atau lebih yang memiliki perbedaan pendapat atau kepentingan. Negosiasi dapat dilakukan dengan pendekatan yang mengarah pada keadilan bersama, dimana semua pihak merasa puas dengan hasil yang dicapai.

Syarat Negosiasi

Dalam proses negosiasi perlu setidaknya 2 hal yang harus dimiliki, yaitu :

  • Dilakukan oleh 2 orang atau lebih, negosiasi tidak dapat berlangsung jika dilakukan hanya satu pihak saja. Contohnya negosiasi antar bisnis, negosiasi antar pedagang dan penjual
  • Negosiasi dilakukan jika pihak yang terkait tidak menemukan kecocokan dalam menentukan keputusan.

Tujuan dan Manfaat Negosiasi

Negosiasi dilakukan karena adanya pertentangan atau ketidaksetujuan antara kedua belah pihak atau lebih. Dalam proses negosiasi harus menghindari sikap atau tindakan yang dapat menimbulkan kerugian sepihak atau kedua belah pihak. Proses negosiasi harus dilaksanakan secara santun dan menerima setiap pendapat lawan bicara atau pihak bertentangan.

Banyak tujuan dari negosiasi tergantung pada tujuannya, berikut ini beberapa tujuan negosiasi secara umum :

  • Mencapai Kesepakatan : Tujuan utama dari negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan yang dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat didalamnya. Dengan proses tawar menawar dan kompromi setiap pihak harus mencari solusi yang saling menguntungkan untuk masalah atau perbedaan pendapat yang disampaikan.
  • Mengatasi Konflik : Negosiasi digunakan sebagai solusi dalam mengatasi konflik antara dua pihak atau lebih yang memiliki paham bertentangan. Dengan berinteraksi secara terbuka pihak-pihak berusaha untuk mencari titik kesepahaman yang dapat¬† meredam ketegangan dan membangun hubungan yang lebih baik lagi.
  • Meningkatkan Hubungan Bisnis : Negosiasi dapat juga digunakan untuk meningkatkan hubungan dengan mitra bisnis. Biasanya proses negosiasi yang kooperatif dapat meningkatkan kepercayaan bisnis kepada pihak terkait.

Selain tujuan, ada juga manfaat dari negosiasi, berikut ini beberapa manfaat dari negosiasi secara umum :

  • Saling Pengertian Antar Pihak : Adanya negosiasi yang harus mencapai tujuan bersama dan saling menguntungkan dapat menimbulkan rasa pengertian antar pihak yang terkait. Biasanya akan timbul bisnis yang berkelanjutan.
  • Kerjasama Berkelanjutan : Jika proses negosiasi berjalan lancar dan menemukan kesepakatan serta saling menguntungkan, maka dapat menciptakan peluang untuk kerjasama yang berkelanjutan antara kedua belah pihak.

Baca Juga : Cara Melakukan Negosiasi Rumah Dijamin Berhasil

Jenis – Jenis Negosiasi

Dalam menjalani proses negosiasi, terdapat beberapa jenis negosiasi yang dapat digunakan, antara lain sebagai berikut :

  1. Negosiasi Formal adalah kegiatan negosiasi yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan kesepakatan dengan menempuh jalur hukum.
  2. Negosiasi Informal adalah negosiasi yang dapat dilakukan dimana saja tanpa memerlukan jalur hukum contohnya ibu-ibu belanja di pasar.
  3. Negosiasi dengan Pihak Penengah adalah negosiasi yang dilakukan oleh kedua atau lebih pihak negosiator sehingga setiap keputusan memerlukan pihak penengah yang sifatnya netral.
  4. Negosiasi Kolaborasi adalah jenis negosiasi yang melibatkan banyak pihak dan pendapat sehingga terjalin kolaborasi kepentingan dan keinginan untuk bisa mendapatkan solusi yang terbaik.
  5. Negosiasi Diplomasi dilakukan oleh negara-negara atau entitas internasional untuk mencapai kesepakatan atau menyelesaikan perselisihan.
  6. Negosiasi Kompetitif berfokus pada upaya mencapai kemenangan bagi satu pihak tertentu tanpa memperhatikan kepentingan pihak lain.

Tahapan Pelaksanaan Negosiasi

Negosiasi memiliki beberapa tahapan untuk mencapai kesepakatan bersama. Berikut diantaranya adalah:

Persiapan dan Perencanaan

Tahapan awal pada proses negosiasi ialah persiapan dan perencanaan. Proses mengumpulkan data diperlukan untuk mendukung jalannya proses negosiasi oleh negosiator. Dalam menyampaikan argumen seorang negosiator harus dan wajib didukung dengan berbagai data yang diperlukan.

Menentukan Rules atau Aturan

Tahapan ini merupakan langkah penting untuk mengatur jalannya pembahasan dalam negosiasi. Aturan aturan harus dibuat sebelum dilaksanakannya negosiasi, seperti siapa saja yang terlibat dan apa masalah atau permintaan yang harus dinegosiasikan.

Maksud dan Penjelasan

Setelah menentukan aturan lalu, setiap pihak mengutarakan maksud dan penjelasan apa yang diinginkan. Tiap pihak dapat memberi dokumentasi atau data untuk pemaparan yang lebih jelas agar mendukung posisi masing-masing pihak.

Tawar menawar dan Penyelesaian Masalah

Tahap ini bertujuan untuk mencari solusi yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak. Kedua belah pihak harus fokus terhadap masalah bukan kepentingan tertentu dalam mencapai titik temu.

Penutupan dan Implementasi

Tahap akhir dari proses negosiasi biasanya adalah segala sesuatu diputuskan secara bersama. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan :

  • Dokumen telah disepakati bersama
  • Memahami dan menganalisis poin poin utama untuk menghindari salah pengertian
  • Uraikan dengan jelas semua ketetapan dari persetujuan.
  • Dokumen harus disepakati bersama dan ditanda tangani kedua belah pihak.

Demikian artikel negosiasi, gimana sudah cukup jelas ? sekarang silahkan kamu coba lakukan negosiasi dengan pedagang disekitar, agar mengetahui bagaimana rasanya melakukan negosiasi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Deden Juliandi

I'm a SEO Enthusiast

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *